macam-macam karburator SEPEDA MOTOR

Untuk post kali ini kita akan membahas soal karburator kawan. dan semoga bermanfaat.

Mari kita bahas pertama yaitu PE Series,

Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38.
Bagi penyuka kecepatan, karbu ini cocok untuk harian maupun balap drag motor bebek 105-125cc maupun kelas skutik bore up hingga 200 cc karena kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm dan Sangat pas untuk yang menginginkan top speed dan turing dalkot maupun lukot.
Ciri-cinya :
-skep dari ukuran 20-38 mm.
-setelan stationer warna hitam(sudco)
-setelan stationer kuning (NSR SP)
-skep bulat berlapis krom
-performa tarikan bawah dan atas bagus
-untuk venturi 28 mampu direamer hingga 31 mm
-setting PJ MJ nya mudah
-irit bahan bakar


  

Dan yang selanjutnya adalah karbu PJ series,

karbu ini cukup terkenal diantara penggemar motor 2 tak karena karbu ini cukup memuaskan peformanya jika dipasang ke mesin 2 stroke.
Karburator ini sudah terbukti kemampuannya karena skep model oval yang unik ini, memiliki kemampuan untuk membuat mesin memiliki respon jauh lebih cepat dari pada karburator standard ber-skep bundar. Keuntungannya adalah akselerasi lebih cepat dan peningkatan performa mesin.
PJ Oval 34mm slide ini sangat cocok untuk Motocross.
Ciri-cirinya :
-skep oval dan berlapis krom
-ukuran skep lebar mnambah tenaga di Putaran rendah ke Putaran tengah.
-mudah setting basah dan kontrol kecepatan
-spare part pj mj mudah dicari.
-tersedia ukuran venturi 34 mm
-bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.


Diurutan ketiga ada Keihin PWK series.

secara kasap mata karbu ini hampir mirip sama PJ series. terutama tutup skepnya yang bulat dan berwarna hitam. Namun PWK ini punya skep berbentuksemi-flat alias berbentuk D. Karburator yang akan menghasilkan tenaga tanpa kompromi. Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41pro series, tipe ini paling spesial lantaran untuk tarikan bawah dan atas setting karbu mudah didapat. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang.
Ciri-cirinya :
-performa bagus di putaran bawah keatas
-walaupun sudah disetting irit ,karbu ini tetep boros,atau ga bisa ngirit
-skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
-spare part mudah dicari
-ada rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi
-cocok untuk moto cross dan road race


Diurutan ke empat adalah Karbu FCR.

Karbu FCR ini mempunyai bentuk yang beda dari karbu pada umumnya, soalnya karbu ini sudah termasuk karburator yang penyetingannya perlu keahlian khusus. Harganya pun lumayan mahal sekitar 5-6 juta rupiah kawan,.FCR Downdraf dan FCR vertical yang tersedia 28 , 33, 35
Karakteristik karbu FCR
Karbu ini direkomendasikan untuk road race,
FCR Horisontal digunakan utk mesin tegak, FCR Downdraft digunakan untuk mesin tidur.





Dan yang paling akhir ada Karbu Mikuni TM.

Karbu Mikuni TM ini sangat mirip dengan karbu PWK kepunyaan Keihin, tetapi karbu ini mengandalkan seni yaitu seni memainkan nosel yang disesuaikan sesuai kebutuhan mesin dan karbu. Karbu ini memiliki skep kotak. Tersedia dengan ukuran 24-39 (TM).
Karakteristik karbu Mikuni TM adalah Karbu dengan skep kotak ini memberikan performa yang luar biasa dibandingkan dan skep yg bulat, ini dikarenakan udara yang masuk lebih lancar dan lebih cepat.

Dan itulah kawan jenis-jenis karburator yang saya tahu..
semoga bermanfaat bagi kawan-kawan.

Artikel priyantoblog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top