Ini dia Tips perawatan dasar untuk mobil baru

Pemeliharaan rutin sangat penting untuk mobil anda. Perawatan secara teratur dapat mengurangi kemungkinan timbulnya kerusakan yang tak terduga. Anda harus meluangkan waktu sedikit untuk membaca buku manual sebelum memulai perawatan, ini akan membuat anda sedikit lebih paham tentan bagian-bagian mobil anda.

Tips dasar berikut mungkin dapat membantu anda dalam melakukan perawatan pada mobil anda.

Periksa ban :
Ban akan berumur panjang dengan selalu memastikan bahwa tekanan ban sesuai dengan spesifikasi pabrik, periksa buku panduan jika ingin tahu berapa tekanan standart pada ban.

Aki mobil.
Berikut adalah tips merawat aki mobil:

  • Pastikan melepas kabel dari baterai sebelum membersihkan aki. Bersihkan kabel dengan sikat kawat dan larutan 1 gelas air dan 1 sedok makan baking soda.
  • Periksa koneksi kabel. Periksa apakah aki terikat kencang pada dudukanya. Jika ada kabel yang longgar, kencangkan.
Oli, pelumas, belt, dan selang-selang.
Oii, pelumas, belt, dan selang-selang dapat diperiksa dengan mudah. Periksa kompartemen mesin apakah ada level oil atau pelumas rendah. Periksa juga apakah ada keausan pada belt mobil anda.

Rem.
Pastikan rem anda dalam kondisi baik. Ada sejumlah cara untuk memeriksa rem.

  • Rem perlu dibersihkan atau sepatu/kampas rem perlu diganti, jika rem berderit saat dihentikan.
  • Rem mungkin kekurangan tekanan hidrolik, jika mobil condong atau tertarik ke satu sisi saat pengereman.
  • Minyak rem mungkin tidak penuh, jika saat pedal diinjak tidak terasa adanya tolakan. Jika pedal bisa diinjak hingga habis kebawah, ini berarti sepatu/kampas rem mulai tipis.
Wiper kaca depan.
Saat wiper mulai tidak berfungsi optimal, segera ganti dengan yang baru. Mengganti wiper tidak memerlukan waktu yang lama dan sangat mudah. Baca buku panduan jika ingin tahu wiper yang tepat untuk mobil anda.

Jadwal pemeliharaan.
Mobil perlu diberi servis teratur pada bengkel resmi. Disiplin pada jadwal service memastikan mobil anda dalam kondisi baik.

Itu beberapa tips dari saya semoga dapat membantu anda yang membaca artikel ini, SEKIAN.

Artikel priyantoblog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top