Tips menyetir mobil yang tepat dan aman

Hai Menguasai teknik menyetir mobil dan menjaga perilaku berkendara niscahya dapat menghindarkan pengemudi dari resiko mencelakai orang lain. Teori ini berlaku untuk semua orang yang dibalik kemudi, bail laki-laki maupun perempuan. Sayangnya di indonesia, kebanyakan pengemudi tidak membaca teori dasar mengemudi dan belajar pratiknya saja.

Lantas, bagaimana agar setiap pengemudi aman sejak menstater mobilnya? Praktikan saja tips dibawah ini.


  • Sebelum naik ke mobil, lakukan senam-senam kecil. Pastikan tubuh dalam kondisi fit dan sehat.
  • Setelah itu, janagan langsung masuk ke mobil. Berputarlah mengelilingi mobil. Cek kondisi mobil, lihat ban mobil, apakah ada yang kempes atau bocor. Lalu, buka kap mobil seminggu sekali untuk mengecek elemen penunjang kinerja mesin.
  • Masuklah ke mobil, atur jarak duduk dengan setir. Lalu, pasang sabuk pengaman dengan benar. Lanjutkan dengan menyalakan mesin mobil. Jangan langsung dijalankan mobilnya, namun tunggu beberapa saat agar mesin mobil panas.
  • Atur kecepatan mobil sekitar 40 km/j. Selain itu, atur pula jarak mobil anda dengan mobil didepan anda, sisakan ruang sekitar dua mobil.
  • Lemparkan pandangan sejauh mata memangdang. Gunakan jam terbang untuk menafsir arah gerak kendaraan lain berikut kecepatanya.
  • Gunakan kaca spion untuk melihat kebelakang, tengah, ke kiri, serta ke kanan. Minimal, lihatlah kaca spion setiap 8 detik. Kaca spion jangan dipakai berkaca saja yaw.
  • Saat mengemudi, hindari penggunaan sepatu ber hak tinggi. Juga, jangan lepaskan dan menaruh sepatu didekat rem. Sepatu itu bukan tak mungkin akan menyangkut di rem.
Sekian tips hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua. Utamakan keselamatan berkendara.

Artikel priyantoblog Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top